Motivasi adalah salah satu faktor yang bisa membantu kita sukses di perguruan tinggi. Jika kita memiliki sebuah motivasi yang tinggi untuk dapat menjadi yang terbaik atau untuk bisa membanggakan Orang Tua maka jalan untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi akan terasa mudah dan singkat. Begitu kita termotivasi untuk belajar, salah satu kunci keberhasilan adalah menjaga kita tetap termotivasi. Harus dipahami bahwa motivasi mengalir dan dapat mengalami pasang – surut. Sesuatu yang menimbulkan motivasi hari ini, mungkin esok hari tidak lagi memotivasi kita. Untuk tetap menjaga agar kita tetap termotivasi ikuti beberapa tips berikut ini :

Gunakan Motivasi Internal Dan Eksternal

Motivasi Internal (dari dalam) adalah jenis motivasi yang sifatnya lebih permanen dari motivasi eksternal, karena itu asalnya dari keinginan kita sendiri untuk berubah dan menjadi lebih baik lagi.

Motivasi Eksternal (dari luar) adalah motivasi yang berasal dari luar diri kita, misal : karena faktor finansial atau nilai yang bisa memotivasi kita untuk lebih baik lagi

Namun untuk mencapai sasaran belajar, kita memerlukan keduanya. Sebagai contoh, kita mengikuti mata kuliah yang dirasakan tidak menarik. Fokuskan apa motivasi dari luar (misalkan nilai) agar kita dapat mulai tertarik untuk belajar. Munculnya ketertarikan menandakan kita telah memiliki motivasi dari dalam. Dalam belajar tentunya motivasi dari dalam ini lebih diinginkan karena akan menyebabkan proses pembelajaran yang lebih dalam. namun seringkali motivasi dari dalam in tumbuh setelah diawali dari motivasi dari luar.

Bentuklah Kelompok Belajar

Belajar bersama dapat menimbulkan motivasi yang besar sehingga membantu kita mencapai sasaran. Sebaliknya, kita akan malas bahkan malu untuk belajar di antara teman – teman yang sedang bermain sambil tertawa – tawa. Teman yang rajin akan membuat kita merasa belajar serius adalah biasa.

Rencanakan apa yang akan dilakukan pada saat belajar bersama, misalnya mengerjakan soal latihan, memperkirakan soal ujian dan mencari jawabannya.

Berpeganglah Pada Rencana Waktu

Adanya rencana waktu sebagai pegangan dapat membantu meningkatkan motivasi kita. Bila kita merasakan motivasi mulai surut (biasanya pada pertengahan semester), upayakan dengan keras agar kita dapat tetap berpegang pada rencana waktu. Dengan ini kita akan mendapati bahwa motivasi dapat kembali diraih. Paling tidak untuk menyelesaikan tugas sesuai rencana.

Ambil Jeda Pada Saat Belajar

kita tidak mungkin belajar terus menerus selama tiga jam. Strategi yang baik yang perlu kita terapkan adalah setiap belajar 50 menit ambil jeda 10 menit. Sebagian orang memerlukan jeda setelah belajar 30 menit. Tapi karena belajar 30 menit tidak terlalu lama, maka istirahatnya tidak lebih dari 5 menit. Setelah suatu waktu belajar yang panjang (misalnya 4 jam diselingi jeda), kita dapat mengambil jeda 1 atau 2 jam dengan melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Adanya jeda ini akan mencegah kejenuhan yang dapat menurunkan motivasi.

Semoga Berhasil!.

About chouwey

laki laki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s